Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja setelah Resign

Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja setelah Resign

Kali ini, Team Nguli Digital akan membahas mengenai tentang Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja setelah Resign

Setelah mengambil keputusan untuk resign dari pekerjaan, menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja bisa menjadi aspek penting dalam menjaga jaringan profesional Anda.

Resignasi bukan berarti mengakhiri semua hubungan, tetapi merupakan kesempatan untuk membangun dan memperdalam ikatan yang sudah terjalin.

Artikel ini akan membahas mengapa menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja penting, langkah-langkah yang dapat diambil untuk mempertahankan hubungan tersebut, bagaimana menjaga hubungan melalui dunia digital, serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja.

Mengapa Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja Penting?

  1. Alasan Pertama: Memperluas Jaringan ProfesionalSaat Anda menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja, Anda dapat memperluas jaringan profesional Anda. Mantan rekan kerja bisa menjadi sumber referensi yang berharga, memberikan informasi tentang peluang pekerjaan, atau memberikan saran yang berguna dalam karier Anda. Dengan menjaga hubungan yang baik, Anda bisa membangun reputasi yang baik di dunia profesional.
  2. Alasan Kedua: Membuka Peluang Kerjasama di Masa DepanDalam dunia kerja yang terus berkembang, kesempatan untuk bekerja bersama mantan rekan kerja bisa terjadi di masa depan. Kondisi kerja yang dinamis membuat peluang kolaborasi atau proyek bersama muncul. Dengan menjaga hubungan yang baik, Anda meningkatkan kemungkinan untuk terlibat dalam proyek atau kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak.
  3. Alasan Ketiga: Mendapatkan Dukungan dan Informasi yang BergunaMantan rekan kerja yang Anda pertahankan hubungannya dapat menjadi sumber dukungan dan informasi yang berguna. Mereka bisa memberikan wawasan tentang perubahan industri, tren terkini, atau informasi seputar karier di bidang tertentu. Jika Anda membutuhkan nasihat atau bantuan dalam perkembangan karier Anda, mereka dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga.

Langkah-langkah untuk Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja

Untuk menjaga hubungan yang baik dengan mantan rekan kerja setelah resign, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Menghubungi Mantan Rekan Kerja Secara Teratur: Pertahankan komunikasi dengan mantan rekan kerja secara teratur. Anda dapat mengirim pesan singkat, menghubungi mereka melalui telepon, atau bertemu secara langsung jika memungkinkan. Dengan menjaga hubungan yang aktif, Anda menunjukkan ketertarikan dan perhatian terhadap mereka.
  2. Menghadiri Acara dan Pertemuan Perusahaan: Jika ada acara atau pertemuan perusahaan setelah Anda resign, usahakan hadir dan berpartisipasi. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk bertemu mantan rekan kerja, memperbarui informasi terkini, dan menjaga koneksi dengan lingkungan kerja yang pernah Anda tempati.
  3. Memberikan Dukungan dan Bantuan: Tunjukkan bahwa Anda masih peduli dengan mantan rekan kerja dan siap memberikan dukungan atau bantuan jika diperlukan. Jika mereka menghadapi tantangan dalam pekerjaan atau mencari nasihat, luangkan waktu untuk membantu mereka dengan pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki.
  4. Menghormati dan Menghargai Mantan Rekan Kerja: Selalu tunjukkan sikap penghormatan dan penghargaan terhadap mantan rekan kerja. Berikan apresiasi terhadap kontribusi mereka dan hargai kerjasama yang pernah terjalin. Menghormati mereka sebagai profesional akan memperkuat hubungan dan menjaga kenyamanan dalam berkomunikasi.
  5. Menjaga Komunikasi yang Baik: Komunikasi yang baik adalah kunci dalam menjaga hubungan yang baik dengan mantan rekan kerja. Dengarkan dengan seksama, berikan tanggapan yang relevan, dan tetap terbuka terhadap gagasan dan pandangan mereka. Komunikasi yang efektif akan memperkuat ikatan antara Anda dan mantan rekan kerja.

Bagaimana Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja di Dunia Digital?

Di era digital, menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja juga dapat dilakukan melalui platform online. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga hubungan di dunia digital:

  1. Membuat Terhubung Melalui Media Sosial: Manfaatkan media sosial seperti LinkedIn, Facebook, atau Twitter untuk terhubung dengan mantan rekan kerja. Tetap aktif di platform ini dengan membagikan konten yang relevan, memberikan dukungan, dan berinteraksi dengan postingan mereka. Ini akan membantu menjaga hubungan secara virtual.
  2. Mengirim Pesan dan Email Secara Teratur: Jangan ragu untuk mengirim pesan atau email kepada mantan rekan kerja secara teratur. Tanyakan kabar mereka, berbagi informasi menarik, atau bahkan ajak mereka untuk bertemu jika ada kesempatan. Menunjukkan ketertarikan dan perhatian melalui pesan dan email dapat memperkuat hubungan Anda.
  3. Berpartisipasi dalam Diskusi Online: Ikut serta dalam forum online, grup diskusi, atau platform profesional yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda. Terlibat aktif dalam diskusi, memberikan pandangan Anda, dan berbagi pengetahuan. Hal ini akan membantu Anda mempertahankan hubungan dengan mantan rekan kerja serta membangun jaringan yang lebih luas.

Manfaat Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja

Menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja setelah resign dapat memberikan manfaat yang signifikan:

  1. Membuka Peluang Kerjasama di Masa Depan: Dengan menjaga hubungan yang baik, Anda memperluas peluang untuk terlibat dalam proyek atau kerjasama di masa depan. Mantan rekan kerja yang mengingat kerja keras dan dedikasi Anda dapat merekomendasikan Anda untuk kesempatan yang muncul.
  2. Mendapatkan Dukungan dan Informasi yang Berguna: Mantan rekan kerja yang Anda pertahankan hubungannya dapat menjadi sumber dukungan dan informasi yang berguna. Mereka bisa memberikan perspektif baru, memberikan nasihat, atau memberikan wawasan tentang peluang karier yang mungkin Anda lewatkan.
  3. Memperluas Jaringan Profesional: Menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja membantu memperluas jaringan profesional Anda. Jika mereka pindah ke perusahaan lain, Anda dapat memanfaatkan jaringan mereka untuk memperoleh informasi tentang peluang pekerjaan atau terlibat dalam proyek yang lebih besar.

Kesimpulan

Menjaga hubungan dengan mantan rekan kerja setelah resign adalah langkah yang bijak dalam membangun jaringan profesional yang kuat.

Dengan menghubungi mereka secara teratur, menghadiri acara perusahaan, memberikan dukungan, dan menjaga komunikasi yang baik, Anda dapat mempertahankan hubungan yang berharga.

Di dunia digital, media sosial dan platform online dapat menjadi sarana untuk menjaga hubungan tersebut.

Manfaatnya termasuk peluang kerjasama di masa depan, dukungan dan informasi yang berguna, serta memperluas jaringan profesional Anda.

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Bagi 3 orang pertama yang mengisi survey ini lebih cepat dan detail (lengkap) untuk perubahan untuk menjadi lebih baik lagi, berhak mendapatkan Saldo Gopay senilai Rp 50 ribu.
* Syarat dan Ketentuan berlaku

Leave a Comment