Apa itu Masa Probation dalam Dunia Kerja dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Apa itu Masa Probation dalam Dunia Kerja dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Kali ini, Team Nguli Digital akan membahas mengenai tentang Apa itu Masa Probation dalam Dunia Kerja dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Selamat datang di dunia kerja! Begitu Anda berhasil melalui tahap seleksi dan diterima dalam sebuah perusahaan, Anda mungkin akan menghadapi suatu periode yang disebut sebagai “masa probation.

Masa probation adalah masa percobaan yang diberikan kepada karyawan baru untuk membuktikan kemampuan, kinerja, dan kesesuaian dengan perusahaan.

Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam apa itu masa probation dalam dunia kerja dan memberikan panduan tentang cara menghadapinya dengan baik.

Definisi dan tujuan masa probation

Masa probation dapat didefinisikan sebagai periode waktu tertentu di awal karier seseorang dalam suatu perusahaan yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan kesesuaian karyawan dengan lingkungan kerja.

Tujuan dari masa probation adalah memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memastikan bahwa karyawan baru memiliki keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan serta cocok dengan budaya perusahaan.

Selama masa probation, perusahaan akan memantau kinerja, kemampuan, dan potensi karyawan baru secara lebih intensif.

Evaluasi yang dilakukan selama masa ini dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan apakah karyawan akan dipekerjakan secara tetap atau tidak.

Durasi dan ketentuan masa probation

Durasi masa probation bervariasi antara perusahaan satu dengan yang lain, namun umumnya berkisar antara 1 hingga 6 bulan.

Selama masa ini, ada beberapa ketentuan yang biasanya diterapkan, seperti evaluasi kinerja berkala, mentoring, pelatihan tambahan, dan orientasi pekerjaan yang lebih mendalam.

Selain itu, perusahaan juga dapat menetapkan aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh karyawan selama masa probation.

Misalnya, karyawan baru mungkin harus mencapai target-target kinerja tertentu, mengikuti kebijakan dan prosedur perusahaan, serta menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

Tantangan dan kesulitan selama masa probation

Masa probation bisa menjadi tantangan bagi karyawan baru, karena pada saat ini mereka harus membuktikan kemampuan dan kecocokannya dengan perusahaan. Beberapa tantangan yang mungkin dihadapi selama masa probation antara lain:

  • Kesesuaian dengan budaya perusahaan: Menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang baru dan berbeda bisa menjadi tantangan. Setiap perusahaan memiliki kebiasaan dan nilai-nilai yang berbeda, dan karyawan baru harus dapat beradaptasi.
  • Peningkatan performa: Selama masa probation, karyawan diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja mereka. Ini bisa menimbulkan tekanan yang tinggi karena adanya harapan untuk mencapai target-target yang ditetapkan.
  • Pembelajaran cepat: Karyawan baru harus belajar dengan cepat mengenai pekerjaan mereka dan seluk-beluk perusahaan. Hal ini bisa menjadi tantangan jika ada banyak informasi yang harus dipelajari dalam waktu yang singkat.
  • Interaksi dengan rekan kerja: Masa probation juga mencakup proses berinteraksi dengan rekan kerja yang baru. Memulai hubungan yang baik dengan tim kerja dan atasan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Strategi untuk berhasil melewati masa probation

Untuk berhasil melewati masa probation, berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

  1. Membangun hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja: Jalin komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja, tunjukkan sikap yang positif, dan berusaha untuk berkolaborasi dengan tim kerja.
  2. Menunjukkan komitmen dan motivasi yang tinggi: Tunjukkan dedikasi dan semangat dalam pekerjaan Anda. Ambil inisiatif, hadirkan ide-ide baru, dan berikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan.
  3. Mengasah keterampilan yang relevan dengan pekerjaan: Tingkatkan keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan Anda. Ambil peluang untuk mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan dan terus belajar dari pengalaman.
  4. Membuat dan mencapai target kerja: Buat target-target yang realistis dan fokus pada pencapaian mereka. Menyelesaikan tugas tepat waktu dan dengan kualitas yang baik akan meningkatkan kesan yang baik pada atasan.

Kesalahan umum yang harus dihindari selama masa probation

Selama masa probation, terdapat beberapa kesalahan umum yang harus dihindari, antara lain:

  1. Kurang komunikatif: Jangan menjadi karyawan yang hanya fokus pada pekerjaan tanpa berinteraksi dengan rekan kerja atau atasan. Berkomunikasilah secara aktif dan tunjukkan minat Anda dalam pekerjaan dan tim.
  2. Tidak belajar dari kesalahan: Jika membuat kesalahan, jangan lari dari tanggung jawab. Ambil peluang untuk belajar dari kesalahan tersebut, perbaiki, dan berusaha untuk tidak mengulanginya.
  3. Kurang motivasi: Tunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi dalam pekerjaan Anda. Jangan biarkan rasa frustrasi atau kelelahan mempengaruhi performa Anda.
  4. Tidak meminta umpan balik: Selalu minta umpan balik dari atasan atau rekan kerja mengenai kinerja Anda. Ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki diri dan mengatasi kelemahan yang ada.

Sumber daya dan dukungan selama masa probation

Selama masa probation, ada beberapa sumber daya dan dukungan yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  1. Mentor atau pembimbing: Jika perusahaan memiliki program mentoring, manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bimbingan dari karyawan yang lebih berpengalaman.
  2. Rekan kerja: Jalin hubungan baik dengan rekan kerja Anda. Mereka dapat menjadi sumber dukungan dan membantu Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.
  3. Pelatihan dan pengembangan: Manfaatkan pelatihan tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Ini akan membantu Anda dalam memenuhi harapan selama masa probation.

Evaluasi akhir masa probation

Pada akhir masa probation, biasanya akan dilakukan evaluasi kinerja untuk menentukan apakah karyawan layak untuk dipekerjakan secara tetap atau tidak.

Hadapi evaluasi ini dengan percaya diri dan persiapkan diri Anda dengan baik.

Tinjau kembali pekerjaan yang telah Anda lakukan, tunjukkan pencapaian yang telah Anda raih, dan berikan argumen yang kuat mengenai mengapa Anda cocok untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Kesimpulan

Masa probation adalah periode kritis yang harus dihadapi dengan sikap positif dan tekad kuat.

Menghadapinya dengan persiapan yang baik, berkomitmen, dan mengasah keterampilan yang relevan akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil melewati masa probation dan mendapatkan pekerjaan tetap.

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Bagi 3 orang pertama yang mengisi survey ini lebih cepat dan detail (lengkap) untuk perubahan untuk menjadi lebih baik lagi, berhak mendapatkan Saldo Gopay senilai Rp 50 ribu.
* Syarat dan Ketentuan berlaku

Leave a Comment