Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Bulan Di Indonesia Sangat Menjanjikan !

Gaji Tukang Parkir Pesawat
Gaji Tukang Parkir Pesawat

Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Bulan Di Indonesia. Profesi tukang parkir mungkin sering kamu temui di pinggir jalan maupun di tempat-tempat khusus biasanya tukang parkir ini mengatur serta menjaga keamanan kendaraan. 

Mungkin menjadi tukang parkir motor atau mobil adalah hal yang biasa tapi apakah kamu pernah berpikir untuk menjadi tukang parkir pesawat di bandara? Profesi ini ternyata banyak juga yang mencarinya terkait job desk maupun gaji tukang parkir pesawat di bandara.

Menjadi seorang tukang parkir pesawat di bandara tentu tidaklah mudah karena harus memiliki keahlian khusus serta ada pelatihannya. Tanggung jawab yang dimiliki sangatlah besar karena kamu tidak hanya mengatur bagaimana pesawat itu berhenti atau menempati posisinya dengan tepat namun juga harus mengatur lalu lintas dari pesawat di bandara agar strategis dan optimal saat landing maupun take off.

Bagi kamu yang penasaran tentang profesi tukang parkir pesawat atau ingin mengetahui berapa gaji tukang parkir pesawat di bandara. Kabar baiknya, kami akan memberikan rangkuman informasi terkait hal tersebut sehingga kamu bisa mendapatkan referensi terbaik dari berbagai sumber jika berminat menjadi salah satu tukang parkir pesawat di bandara yang katanya memiliki besaran gaji yang cukup menggiurkan.

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Sebulan?

Mungkin bagi sebagian orang profesi menjadi tukang parkir pesawat sedikit asing namun profesi ini ternyata cukup dilirik. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang mengatakan bahwa gaji tukang parkir pesawat sebulan cukup besar, namun tetap tergantung pada job desk hingga pengalaman kerjanya.

Pernahkah kamu melihat seseorang yang berada di depan pesawat yang ingin landing maupun take off kemudian mengarahkan bendera atau tangan. Ternyata orang tersebut bukanlah sedang iseng, namun tanggung jawab mereka cukup besar karena mengatur lalu lintas untuk pesawat yang ada di bandara sehingga harus siap siaga dan

memiliki pengetahuan analisa yang tepat. Profesi ini memiliki nama sebutan yang lebih keren yaitu marshaller atau aircraft marshaller, meskipun hanya sebagai tukang parkir namun posisi tukang parkir pesawat ini sangatlah vital dan penting.

Sehingga tidak heran gaji juru parkir pesawat sebulan sekitar 4 sampai 7 juta rupiah, namun ada juga yang memberikan gaji kepada tukang parkir pesawat berdasarkan hitungan jam dengan rata-rata 21 US Dollar di luar negeri atau sekitar 300 ribu per jamnya. 

Besaran ini bisa dibilang cukup menjanjikan dan di atas UMK atau UMR pada daerah atau provinsi di Indonesia sehingga tidak heran banyak yang berminat menjadi marshaller di bandara.

Meskipun begitu, gaji tukang parkir pesawat yang kami informasikan di atas tidak dapat menjadi patokan karena setiap bandara tentu saja akan memberikan kebijakan gaji yang berbeda. Selain itu, banyak indikator yang digunakan untuk menentukan besaran gaji dari merceller seperti lokasi bandara, pengalaman kerja, jam kerja, job desk, dan masih banyak pertimbangan lainnya.

Syarat Tukang Parkir Pesawat yang Wajib Dimiliki Untuk Mendapatkan Gaji Tinggi

Syarat Tukang parkir pesawat

Setelah mengetahui besaran gaji tukang parkir pesawat di bandara apakah kamu mulai tertarik dan tergiur untuk menjadikan ini sebagai profesi kamu ke depannya? Jika iya, kamu harus menyimak terlebih dahulu apa saja syarat tukang parkir pesawat yang wajib dimiliki untuk bisa mendapatkan gaji tinggi dalam jangka waktu tertentu. Kami akan memberikan syarat umum dan syarat khusus yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Syarat ini nantinya bisa menentukan apakah kamu cocok pada profesi ini atau tidak, hal tersebut dikarenakan menjadi tukang parkir pesawat memiliki kualifikasi yang cukup susah entah itu dari jasmani maupun rohani. 

Menjadi tukang parkir pesawat terbang tentu tidak semudah menjadi tukang parkir kendaraan seperti motor atau mobil karena kamu akan dikontrak oleh perusahaan maskapai terkait, berikut adalah syarat tukang parkir pesawat:

1. Syarat Tukang Parkir Pesawat Secara Umum

Secara garis besar, bagi kamu yang ingin mendapatkan gaji yang tinggi dengan menjadi tukang parkir pesawat tentu harus meningkatkan kapasitas serta performa diri sendiri. Untuk itu, ada beberapa syarat dasar yang harus dipenuhi untuk melengkapi kualitas sumber daya manusia yang bertugas untuk menjadi tukang parkir pesawat di bandara. Syarat umum ini biasanya berlaku di beberapa bandara Indonesia.

Namun, kami pastikan ada beberapa syarat umum tambahan yang mungkin akan berlaku pada beberapa bandara untuk memberikan kualifikasi syarat tukang parkir pesawat yang memiliki kemampuan yang kompeten di bidangnya. Bagi kamu yang tertarik dan ingin terjun pada dunia penerbangan di bandara maka berikut adalah syarat tukang parkir pesawat secara umum yang bisa kamu jadikan gambaran:

  • Biasanya pendidikan harus minimal SMA atau sederajat, mungkin ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang pernah bersekolah di SMK penerbangan atau mengenyam pendidikan D3 atau S1 di bidang jurusan penerbangan
  • Kemudian untuk rentan umur yang diperkenankan mendaftar biasanya antara 18 tahun hingga 27 tahun
  • Untuk menjadi aircraft marshaller bisa laki-laki atau perempuan yang memiliki berat serta tinggi badan ideal yang disesuaikan dengan kualifikasi bandara masing-masing. Biasanya untuk perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 165 cm
  • Persyaratan umum lainnya yaitu memiliki fisik yang sehat dari penglihatan, pendengaran, dan sebagainya
  • Untuk menjadi tukang parkir pesawat biasanya tidak boleh bertindik maupun bertato serta tidak pernah terlibat hukum atau bebas dari narkoba.
  • Persyaratan umum lainnya yaitu tentu saja harus lulus tes sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

2. Syarat Tukang Parkir Pesawat Secara Khusus

Selanjutnya, kami akan memberikan informasi juga tentang syarat khusus untuk menjadi tukang parkir pesawat di bandara. Hal tersebut dikarenakan menjadi juru parkir pesawat tidaklah sembarangan dan harus mampu berkoordinasi dengan berbagai personil seperti pilot dan bagian informasi sehingga tidak terjadi salah paham saat melakukan tanggung jawab untuk mengatur lalu lintas pesawat.

Banyak kode-kode serta pengetahuan yang harus dipahami oleh tukang parkir pesawat, jobdesk ini tentu saja sangat sesuai dengan gaji juru parkir pesawat di bandara. Sehingga tidak heran ada beberapa bandara atau perusahaan maskapai yang menentukan kualifikasi khusus untuk profesi syarat tukang parkir pesawat. 

Adapun syarat khusus tersebut bisa kamu simak sebagai berikut dan bisa menjadi referensi kamu ke depannya:
  • Berpengalaman dalam dunia penerbangan dan bandara dengan syarat pernah mengikuti kursus maupun pelatihan untuk menjadi juru parkir pesawat atau marshaller.
  • Memiliki sertifikat resmi dari lembaga pelatihan aircraft marshaller, sertifikat ini tentu saja harus diterbitkan dari lembaga yang diakui oleh pihak terkait. 
  • Tidak terikat dengan instansi atau kontrak kerja lainnya yang akan mengganggu konsentrasi dan tanggung jawab sebagai seorang marshaller.
  • Persyaratan khusus lainnya bisa kamu simak pada persyaratan kerja pada perusahaan maskapai bandara masing-masing ya

Berikut Resiko Tukang Parkir Pesawat, Apakah Sesuai dengan  Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Resiko Tukang Parkir Pesawat

Sebelumnya, kami telah membahas tentang besaran gaji juru parkir pesawat yang tentu saja gaji tersebut harus dibayar dengan tanggung jawab serta resiko menjalankan profesinya.Tanggung jawab seorang marshaller yang mengatur pesawat terbang yang ada di bandara saat landing maupun take off harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari berbagai kesalahan fatal.

Mengatur pesawat yang memiliki ukuran yang sangat besar tentu tidak semudah itu apalagi harus mengatur lalu lintasnya. Ada banyak resiko yang mungkin dipertanyakan banyak orang apakah sebanding dengan gaji tukang parkir pesawat. Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya tergantung pada individu masing-masing karena sebanding atau tidaknya pemasukan dan gaji seseorang itu berbeda-beda.

Namun, kamu bisa mempertimbangkan hal tersebut melalui beberapa resiko tukang parkir pesawat yang akan kami rangkum sebagai berikut sehingga kamu bisa memperhitungkan apakah gaji yang diberikan sesuai atau sebanding dengan resikonya:
  • Resiko yang akan dihadapi marshaller adalah kecelakaan kerja yang tentunya cukup membahayakan ketika teledor atau mungkin kurang konsentrasi saat mengarahkan arah dan lalu lintas pesawat
  • Ada kemungkinan juga, ketika kamu teledor maka pesawat akan bergesekan dengan pesawat lainnya atau bahkan bangunan di sekitarnya yang tentu saja menimbulkan kerugian yang sangat besar
  • Jika kamu orang yang gampang mengantuk mungkin tidak cocok pada profesi ini karena harus siap siaga terkait kedatangan dan keberangkatan pesawat setiap waktu Sebagai seorang tukang parkir pesawat kamu harus peka dengan kode maupun gerakan visual dari pilot maupun pihak terkait.
  • Perlu kamu tahu juga resiko menjadi seorang juru parkir pesawat berpengaruh juga dengan penumpang karena posisi harus tepat dengan garis yang ditentukan karena pesawat akan terhubung dengan garbarata yang menjadi jalur masuk dan keluarnya penumpang.
  • Selain itu, resiko menjadi tukang parkir pesawat maka banyak tekanan tantangan yang harus dihadapi setiap waktu.

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum untuk kamu tentang berapa sih gaji tukang parkir pesawat di bandara. Kamu juga memberikan informasi yang lengkap tentang syarat umum maupun khusus yang harus dimiliki ketika kamu memilih profesi ini.

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan lagi dengan menyimak resiko tukang parkir pesawat yang sudah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat ya!