Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Pramugari Kereta Api Perbulan Lengkap Tugas Dan Persyaratan

Gaji Pramugari Kereta Api Perbulan
Gaji Pramugari Kereta Api Perbulan

Gaji Pramugari Kereta Api Perbulan.  Bekerja sebagai seorang pramugari merupakan dambaan bagi sebagian besar orang, dan menjadi salah satu profesi yang banyak menjadi tujuan para jobseeker. Tahukah kamu, ternyata pramugari tidak hanya bisa kamu temukan di maskapai penerbangan saja lho. Kamu juga bisa menemukan pramugari di transportasi darat seperti kereta api, yang tugasnya tidak jauh berbeda dengan pramugari yang ada di pesawat.

Banyak orang yang penasaran terkait dengan gaji pramugari kereta api lengkap dengan persyaratan dan tugas yang dijalankan. Perlu kamu tahu, pramugara dan pramugari kereta api Indonesia yang bekerja di bawah naungan PT KAI bisa kamu temukan di berbagai kelas kereta, baik ekonomi, bisnis, hingga eksekutif.

Bekerja di salah satu perusahaan milik BUMN ini membuat profesi pramugari kereta api dianggap sebagai pekerjaan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan pramugari dan pramugara yang bekerja memiliki pendapatan, tunjangan, dan juga jenjang karir yang jelas. Bahkan, keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika bekerja sebagai seorang pramugari di kereta api yaitu bisa wisata sambil bekerja, dan juga mendapatkan tunjangan kesehatan.

Jika kamu ingin bekerja sebagai pramugari atau pramugara di kereta api, tentunya kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, termasuk dalam hal fisik. Untuk menjadi seorang pramugari dan pramugara di kereta api, fisik menjadi komponen penting yang harus terpenuhi.

Selain itu, seorang pramugari juga harus dibekali dengan berbagai pengetahuan yang terkait dengan pelayanan penumpang, seperti evakuasi penumpang dan juga langkah penyelamatan ketika keadaan darurat.

Mengetahui lebih lanjut mengenai gaji yang didapatkan oleh pramugari kereta api serta tunjangannya menjadi hal yang cukup menarik, dimana hal ini juga sebagai pertimbangan terkait kemungkinan kamu untuk menjadi seorang pramugari kereta api kedepannya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini admin akan membagikan informasi khusus bagi kamu yang sedang mencari referensi terkait dengan berapa gaji pramugari kereta api perbulan, serta informasi lainnya yang terkait. So, bagi kamu yang penasaran, pastikan kamu menyimak pembahasannya hingga selesai agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

Apa Saja Job Desk yang Dikerjakan Oleh Seorang Pramugari Kereta Api?

Jobdesk Pramugrari kereta api

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gaji pramugari kereta api, tentu tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai tugas atau job desk yang dikerjakan oleh seorang pramugari kereta api. Hal ini dikarenakan tugas atau job desk menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan seseorang dalam melamar pekerjaan.

Perlu kamu tahu, pramugari dan pramugara dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan komunikatif karena profesi mereka selalu berhubungan langsung dengan para penumpang.

Syarat menjadi seorang pramugari juga harus memiliki kecakapan dalam bahasa Inggris serta memiliki syarat khusus dalam hal tinggi badan.

Adapun tugas utama dari seorang pramugari baik di pesawat maupun di kereta api yaitu melayani penumpang selama perjalanan. Seorang pramugari kereta api harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpangnya tanpa adanya komplain. Parapramugari kereta api ini akan memiliki kesempatan untuk ditempatkan di dalam kereta api kelas eksekutif.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih detail mengenai tugas dan tanggung jawab seorang pramugari kereta api, maka kamu wajib menyimak informasi yang sudah kami rangkum berikut ini:

  1. Seorang pramugari kereta api bertugas menawarkan pelayanan penjualan makanan dan minuman di dalam gerbong kereta api.
  2. Menjaga kebersihan serta kenyamanan di gerbong kereta dan juga kereta makan.
  3. Menawarkan dan memberikan layanan penyewaan tertentu untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan kelas eksekutif.
  4. Bertanggung jawab dalam mengawasi boarding setiap penumpang khususnya untuk kereta api jarak jauh.
  5. Membantu penumpang yang sedang mengalami kendala tertentu dalam gerbong kereta api sepanjang perjalanan.

Persyaratan yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Seorang Pramugari Kereta Api

Jika kamu memiliki keinginan untuk bekerja sebagai seorang pramugari di kereta api, ada beberapa sekolah khusus perkeretaapian, seperti Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI-Madiun) yang menyediakan pendidikan bagi siswa yang berminat di bidang perkeretaapian. Kamu bisa mendaftar posisi pramugari kereta api melalui rekrutmen PT KAI, dimana kamu bisa mengikuti seleksinya dengan pendidikan terakhir minimal SMA/SMK.

Berikut ini adalah beberapa syarat menjadi pramugari kereta api yang harus dipenuhi oleh kamu jika ingin menjadi seorang pramugari kereta api:

  1. Pelamar merupakan Seorang warga negara Indonesia atau WNI
  2. Wanita dan pria diperkenankan mendaftar
  3. Memiliki ijazah SMA dengan nilai ujian akhir rata-rata minimal 7,0
  4. Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria dengan berat badan ideal.
  5. Berpenampilan menarik
  6. Tidak buta warna
  7. Tidak memakai kacamata
  8. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang aktif
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah PT KAI
  10. Gigi rapi dan tidak memiliki behel
  11. Memiliki fisik dan mental kuat (sehat jasmani dan rohani)
  12. Tidak pernah terlibat narkoba dan psikotropika
  13. Tidak pernah bertato dan khusus untuk pria tidak bertindik
  14. Tidak memiliki ikatan kerja dengan perusahaan atau instansi lainnya

Selain persyaratan di atas, seorang pramugari kereta api juga membutuhkan persyaratan administrasi saat mendaftar. Persyaratan dokumen tersebut berbeda-beda tergantung dengan formasi atau posisi yang dilamar sesuai dengan ketentuan rekrutmen.

Gaji Pramugari Kereta Api yang Wajib Kamu Tahu

Gaji pramugari kereta api


Berapa gaji pramugari kereta api merupakan pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pelamar pekerjaan yang berminat melamar di posisi yang satu ini. Perlu kamu tahu, seorang pramugari kereta api mendapatkan gaji di atas upah minimum profesi lainnya. Setiap bulannya, seorang pramugari akan mendapatkan gaji pokok dan berbagai tunjangan lainnya dengan total mencapai Rp.7 juta dengan rincian sebagai berikut:
  • Gaji pokok Rp.4 juta (tergantung penempatan kerja)
  • Tunjangan kinerja Rp.2 juta - Rp.3 juta
  • Insentif grooming make up Rp.1,5 - Rp.2 juta
Berdasarkan rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pramugari kereta api bisa mendapatkan gaji kurang lebih sebesar Rp.7 juta, di mana rincian tersebut sudah termasuk gaji pokok serta tunjangan-tunjangan lainnya. Selain itu, seorang pramugari kereta api juga memiliki asuransi atau tunjangan kesehatan.

Pendapatan pramugari kereta api ini Bisa bertambah sesuai dengan pengalaman dan juga jam terbang yang dimiliki, sehingga pramugari senior dan junior bisa saja memiliki besaran gaji yang berbeda.

Selain itu, besaran gaji ini juga ditentukan oleh jenis kereta api, seperti kelas ekonomi dan juga eksekutif. Hal ini membuat gaji pramugari di kelas eksekutif bisa saja lebih besar dari pramugari yang berada di kereta api kelas ekonomi.

Keuntungan Menjadi Seorang Pramugari Kereta Api

Selain mendapatkan gaji dan tunjangan yang cukup besar, seorang pramugari kereta api juga akan mendapatkan beberapa keuntungan lain, diantaranya sebagai berikut:
  • Menjadi seorang pramugari kereta api membuat kamu bisa berwisata sekaligus bekerja.
  • Mendapatkan gaji dan tunjangan yang cukup besar, jaminan kesehatan, tunjangan, hingga jenjang karir yang jelas.
  • Menambah wawasan serta pengetahuan terkait pelayanan
  • Mendapat pengetahuan basic mengenai cara memadamkan api dalam keadaan darurat.
  • Selalu bertemu dengan orang baru dengan berbagai karakter

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu mengenai gaji pramugari kereta api serta informasi lainnya yang terkait. Semoga informasi kali ini bisa menjadi sumber referensi, terutama buat kamu yang sedang berniat untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.