Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Karyawan Alfamart 2022 Terbaru Semua Posisi ! Daftar Lengkapnya


Gaji Karyawan Alfamart 2022
Gaji Karyawan Alfamart 2022

Gaji Karyawan Alfamart 2022. Bagi kamu para jobseeker, apakah kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang karyawan retail Alfamart? Namun, sebelum melamar pekerjaan dengan posisi yang sesuai, apakah kamu sudah mengetahui gaji karyawan Alfamart untuk setiap posisi? Pasalnya, besaran gaji menjadi salah satu pertimbangan banyak orang ketika ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Selain besaran gaji, tugas dan tanggung jawab dari posisi tersebut juga menjadi hal selanjutnya yang diperhatikan saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menyimak pembahasan kali ini agar kamu mengetahui setiap informasi mengenai gaji dan juga posisi pekerjaan yang bisa kamu tempati di Alfamart.

Kamu pasti sudah tahu kalau Alfamart merupakan salah satu perusahaan ritel modern yang memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Bekerja di ritel modern seperti Alfamart saat ini seakan menjadi trend yang diikuti oleh banyak orang seiring dengan berkembangnya lini bisnis.

Gaji pegawai Alfamart saat ini cukup bersaing dengan perusahaan ritel modern lainnya dalam rangka mendapatkan pegawai terbaik. Bahkan, banyak dari gerai Alfamart yang tidak segan untuk mematok gaji dengan besaran diatas upah minimum Kabupaten (UMK) tempat gerai Alfamart tersebut beroperasi.

Sama halnya dengan gaji karyawan Indomaret, gaji pegawai Alfamart mengikuti ketentuan sesuai dengan besaran upah minimum Kabupaten atau UMK yang berlaku di tiap kabupaten/kota. Namun, ada penyesuaian gaji yang akan diperoleh oleh setiap karyawan Alfamart sesuai dengan posisi atau jabatannya.

Hal ini dikarenakan setiap posisi pastinya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda dan disesuaikan pula dengan tingkat pendidikan terakhir. Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahui terkait dengan besaran gaji yang diperoleh oleh karyawan Alfamart pada setiap posisi yang ada.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai besaran gaji sebelum kamu melamar di Alfamart, berikut akan kami sajikan informasi mengenai daftar gaji karyawan Alfamart di setiap posisi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Gaji Karyawan Alfamart Semua Posisi 

Perlu kamu tahu, di sebuah gerai Alfamart yang beroperasi di suatu wilayah, tentu memiliki besaran gaji yang berbeda-beda tergantung dengan kebijakan masing-masing. Untuk menjalankan bisnisnya, suatu outlet memiliki struktur jabatan dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan kualifikasi pelamar pekerjaan.

Hal itu juga berpengaruh terhadap besaran gaji yang akan diperoleh sesuai dengan posisi atau jabatan yang ditempati. Berikut ini adalah daftar gaji pegawai Alfamart sesuai dengan posisi yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Gaji Kasir dan Pramuniaga Alfamart

Besaran gaji karyawan Alfamart untuk posisi kasir atau pramuniaga berkisar antara Rp.2 juta hingga Rp.4 juta tergantung dengan besaran UMK yang berlaku di wilayah gerai beroperasi. 

Terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang kasir Alfamart diantaranya sebagai berikut:

  • Melayani konsumen dalam hal pembelian
  • Mengatur administrasi uang masuk dan keluar
  • Mereka uang hasil penjualan untuk tiap-tiap shift.

Sementara itu, untuk tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang pramuniaga antara lain :

  • Menyiapkan promo yang akan dan sedang berlangsung di gerai tersebut
  • Menjaga kebersihan dan kenyamanan toko
  • Mengecek ketersediaan stok di setiap rak dan etalase
  • Melayani konsumen sesuai dengan SOP yang berlaku
  • Seorang kasir dan pramuniaga dituntut untuk mahir mengoperasikan perangkat komputer dengan baik, karena setiap transaksi menggunakan komputer.

2. Gaji Staff Gudang

Secara umum, besaran gaji untuk karyawan staff gudang atau helper gudang berada di kisaran antara Rp.2 juta sampai dengan Rp.3 juta perbulannya. Namun, angka tersebut bisa lebih tinggi tergantung UMK yang berlaku dan adanya waktu lembur.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari seorang staff gudang di Alfamart yaitu sebagai berikut:

  • Mengecek ketersediaan stok barang yang masuk dan keluar
  • Membantu dan berperan aktif saat adanya bongkar muat barang dari logistik ke toko
  • Menyortir barang menurut kategori dan jenisnya
  • Bertanggung jawab penuh atas kebersihan gudang
  • Membantu terkait administrasi gudang

3. Gaji Asisten Kepala Toko Alfamart

Besaran gaji untuk asisten kepala toko di Alfamart berada di besaran Rp.2 juta - Rp.3 juta sesuai dengan UMK yang berlaku. 

Adapun tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang asisten kepala toko yaitu melakukan koordinasi aktivitas di dalam toko, mengajukan laporan aktivitas penjualan outlet kepada kepala toko. Asisten kepala toko di Alfamart sering bertanggung jawab memegang 1 sampai 5 outlet.

4. Merchandiser

Posisi yang satu ini mungkin masih jarang diketahui oleh masyarakat, namun merchandiser di Alfamart memiliki peran yang cukup krusial di sebuah outlet Alfamart. Adapun tugas dan tanggung jawab dari seorang merchandiser berkaitan dengan stok dan peletakan produk di etalase.

Adapun gaji seorang merchandiser alfamart yaitu sekitar Rp.2,5 juta sampai dengan Rp.3,5 juta perbulannya. Seorang merchandiser biasanya adalah karyawan tetap, sedangkan seorang pramuniaga kebanyakan masih dalam tahap training atau pelatihan.

5. Manajer Area

Gaji karyawan Alfamart untuk posisi manager area rata-rata berkisar di angka Rp.9,5 juta dengan tugas dan tanggung jawabnya berkaitan dengan pengelolaan area yang telah ditetapkan. Seorang manajer area dituntut untuk mampu membaca perkembangan pasar dan konsumen, serta mendorong semangat kerja anggotanya untuk meningkatkan penjualan.

6. Kepala Toko (Head Store)

Tugas dan tanggung jawab seorang kepala toko berkaitan dengan pengelolaan outlet, di mana seorang head store harus berkoordinasi dengan seluruh karyawan di outlet seperti kasir, pramuniaga, hingga asisten kepala toko.

Seorang kepala toko juga harus melakukan rencana jangka panjang dan jangka pendek terhadap perkembangan outlet, menjaga koordinasi dengan manajer area lokal atau departemen lainnya, serta mengevaluasi terkait penjualan toko dan kinerja karyawan lainnya.

Adapun besaran gaji seorang kepala toko atau head store Alfamart berada di kisaran antara Rp.2,5 juta sampai dengan Rp.3,5 juta perbulannya.

7. Gaji Inventory Control (IC)

Besaran gaji karyawan Alfamart untuk posisi inventory control di Alfamart berada di kisaran angka Rp.2,6 juta sampai dengan Rp.3 juta. 

Tugas dari seorang IC meliputi urusan penanganan barang masuk, seperti menghitung stok dan mendata barang, serta bertanggung jawab terkait kualitas suatu barang yang masuk, bahkan seorang inventory control bertanggung jawab dalam menyimpan barang yang masuk dengan baik dan benar agar barang-barang tersebut tidak mengalami kerusakan.

8. Gaji Pemasaran (Marketing)

Biasanya, posisi seorang pemasaran di Alfamart berada di sebuah kantor resmi bukan di outlet outlet, di mana tugas dan tanggung jawab seorang pemasaran atau marketing yaitu menyusun strategi pemasaran dan melakukan kerjasama dengan berbagai usaha dan bisnisl lainnya serta membuat event promosi. 

Gaji yang didapatkan oleh seorang yang berada di posisi pemasaran Alfamart relatif cukup besar, yaitu sekitar Rp.8 juta perbulannya.

9. Gaji OB di Alfamart

Tugas dan tanggung jawab seorang OB atau office boy di Alfamart yaitu menjaga kebersihan toko dan membantu mempersiapkan kebutuhan karyawan. Untuk kisaran gajinya, seorang OB memiliki besaran gaji sekitar Rp.1,3 juta - Rp.2 juta.

Baca juga: Gaji Karyawan Wardah Terbaru Tahun 2022

Tunjangan yang Didapatkan Karyawan Alfamart Selain Gaji Pokok

Perlu kamu tahu, para karyawan Alfamart juga akan mendapatkan tunjangan selain dari gaji pokok, di mana besaran tunjangannya beragam tergantung dengan posisi atau jabatan.

Beberapa jenis tunjangan yang akan didapatkan oleh seorang karyawan Alfamart diantaranya berikut sebagai:

  • Tunjangan khusus (hari libur)
  • Gaji lembur khusus untuk karyawan yang bekerja di toko saat shift lembur
  • Tunjangan lain-lain (BPJS Kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, Hari raya, dsb).

Demikian informasi lengkap yang sudah kami bagikan untuk kamu terkait dengan gaji karyawan Alfamart dari berbagai posisi yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut.