Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update! Info Gaji 13 Pensiunan 2022 Cair, Cek Disini Faktanya

Info Gaji 13 Pensiunan 2022 Cair
Info Gaji 13 Pensiunan 2022 Cair

Update! Info Gaji 13 Pensiunan 2022 Cair, Cek Disini Faktanya. Seleksi calon pegawai negeri sipil atau disingkat CPNS selalu dinantikan oleh mayoritas masyarakat, bahkan bagi sebagian orang menjadi PNS merupakan impian. Hal tersebut tidak terlepas dari gaji serta tunjangan yang didapatkan termasuk pensiunan yang bisa menjadi jaminan hari tua. Meskipun pensiunan didapatkan dari potongan gaji pegawai negeri setiap bulannya namun ini sangat membantu ketimbang harus menabung mandiri.

Membahas tentang pensiunan, pemerintah memiliki kebijakan untuk memberikan tunjangan atau tambahan gaji dari pembagian dan perhitungan yang terstruktur. Tambahan tersebut dinamakan gaji ke-13 atau gaji 13. Gaji ini tentu saja tidak hanya diberikan kepada pensiunan saja namun juga pegawai negeri serta orang-orang yang bekerja pada sektor kedinasan. Kabarnya, tahun ini info gaji 13 pensiunan 2022 akan cair dan kapan jadwalnya?

Bagi kamu yang penasaran, kami sudah merangkum tentang info gaji 13 pensiunan 2022 yang akan dicairkan antara bulan Juni atau Juli 2022 ini. Berbagai fakta dan update informasi tentunya akan simpang siur sehingga kami telah merangkum dari berbagai sumber agar kamu mendapatkan informasi yang akurat serta bermanfaat. Jadi, yuk kita simak bersama artikel berikut seputar gaji ke-13 dari pengertian hingga fakta-faktanya.

Apa Itu Gaji 13 Pensiunan 2022 dan Manfaatnya

Istilah gaji ke-13 bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing sehingga kami akan memberikan info gaji 13 pensiunan dan PNS dari pengertiannya terlebih dahulu. Jadi, gaji ke-13 merupakan akumulasi pemberian gaji atau upah yang biasanya akan diberikan saat memasuki ajaran baru sekitar bulan Juli hingga Agustus. Biasanya gaji ke-13 menjadi tambahan dari penghasilan seorang PNS atau pensiun karena mencakup beberapa komponen.

Komponen tersebut tentu saja mencakup gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan lainnya seperti tunjangan jabatan, tunjangan makan, dan lain-lain. Pencairan gaji ke-13 tentu saja berdasarkan dengan peraturan pemerintah yang diatur pada PP nomor 35 2019. Adanya tambahan ini diharapkan dapat meningkatkan percepatan ekonomi di Indonesia serta meningkatkan daya beli untuk memulihkan kestabilan ekonomi nasional.

Pada penerapannya, gaji ke-13 ini tidak hanya diberikan kepada PNS saja namun diberikan kepada pensiunan, Polri, hingga abdi negara yang terikat pada kedinasan. Sebagai informasi, tambahan gaji ke-13 ini rutin diberikan setiap tahunnya namun karena Indonesia sering mengalami dinamika ekonomi yang fluktuatif maka seringkali gaji 13 ini mengalami penundaan bahkan tidak konsisten.

Setelah kami mengumpulkan dari berbagai sumber, info gaji 13 pensiunan sudah diberikan sejak tahun 1969, namun pada tahun 1980 hingga 1982 gaji ke-13 ini tidak diberikan karena pemerintah telah merangkapnya pada gaji ke-14. Kemudian pada pemerintahan Megawati, agenda pencairan gaji ke-13 kembali dilakukan. Namun, pada pemerintahan SBY diberlakukan kebijakan kenaikan gaji setiap tahun untuk PNS sehingga gaji ke-13 ditiadakan.

Info Gaji 13 PNS dan Pensiunan Tahun 2022: Skema, Pencairan, dan Faktanya!

Gaji 13 PNS dan Pensiunan 2022

Setelah mengetahui tentang pengertian dari gaji ke 13 PNS dan Pensiunan, selanjutnya kami akan memberikan informasi dari skema atau perhitungan nominal gaji ke-13 yang akan diberikan, jadwal pencairannya, hingga fakta terupdate lainnya. Menteri keuangan yaitu Sri Mulyani telah memastikan bahwa gaji ke-13 pada tahun 2022 ini dipastikan cair setelah hari raya idul Fitri dan berlaku untuk PNS, pensiunan, dan sebagainya.

Pencairan gaji ke-13 tahun 2022 ini tentu saja menjadi angin segar bagi mayoritas PNS dan pensiunan, tidak heran banyak sekali masyarakat yang mencari info gaji 13 pensiunan yang mana bisa menambah pemasukan dan pendapatan. Meskipun sempat ada kabar bahwa ada beberapa anggaran yang akan dipangkas namun gaji ke-13 pensiunan dan PNS sekaligus thr-nya tidak mengalami hal demikian sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Secara umum, masih banyak yang belum mengetahui tentang gaji ke 13 tahun 2022 dari skema pencairan, hingga fakta terupdate. Sehingga pada bagian ini kami akan memberikan rangkuman dari berbagai informasi terkait hal tersebut. Kami harap informasi ini dapat memberikan tambahan informasi yang akurat dan terupdate. Berikut rangkuman tentang skema besaran gaji 13, jadwal pencairan, dan fakta gaji ke 13 pensiunan dan PNS:

1. Skema Gaji ke 13 Pensiunan dan Perhitungannya

Pada pemerintahan Jokowi, gaji ke-13 rutin diberikan meskipun ada berbagai penundaan serta kendala lainnya. Skema gaji ke-13 pensiunan dan PNS pada tahun 2022 ini mencakup gaji atau pensiunan secara pokok serta tunjangan melekat lainnya. Bagi PNS kabarnya akan diberikan sekaligus tunjangan kinerja per bulan sebanyak 50% bagi yang memiliki tunjangan kinerja sehingga nominal ditentukan dari golongan atau status pensiunan.

Menteri keuangan menegaskan bahwa anggaran yang disisihkan untuk pencairan gaji ke-13 ini sama seperti anggaran THR. Sehingga pencairan THR dan gaji ke-13 memiliki komponen penghasilan yang diterima oleh pensiunan atau PNS bulan Juni tahun 2022. Besaran gaji ke 13 pensiunan tahun ini bisa dibilang lebih besar dari tahun 2021 yang diharapkan bisa menambah kesejahteraan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

2. Kapan Info Gaji 13 Pensiunan Cair? Catat Jadwalnya

Banyak yang menanyakan tentang kapan gaji ke 13 pensiunan dan PNS cair, mengingat sudah melewati lebaran atau hari raya idul Fitri. Kamu tidak perlu khawatir karena gaji ke 13 pensiunan akan cair pada Juli 2022 mendatang sehingga kamu bisa update terus dan menunggu informasi selanjutnya terkait tanggal yang spesifik pada bulan Juli nanti. Adapun info gaji ke 13 pensiunan ini dapat dicairkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sesuai dengan peraturan Menteri keuangan atau PMK nomor 75 tahun 2022, ada beberapa kategori yang layak dan berhak mendapatkan gaji ke-13 2022 antara lain pegawai Negeri sipil, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, pejabat negara, prajurit tentara Nasional Indonesia, polri, pensiunan, penerima pensiun, serta penerima tunjangan. Hal tersebut terkecuali PNS yang sedang cuti serta PNS yang bertugas dengan gaji ditanggung instansi.

3. Gaji 13 Bisa Membantu Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi

Fakta tentang info gaji 13 pensiunan dan PNS tentu tidak dicairkan tanpa alasan namun tentu saja memiliki tujuan selain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat. Gaji ke-13 juga bisa membantu pendidikan mengingat waktu pencairannya disesuaikan dengan tahun ajaran baru. Sri Mulyani mengatakan bahwa tujuan gaji ke-13 tentu saja untuk membantu aparatur dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak mereka.

Mengingat untuk biaya pendidikan tentu saja membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit dari biaya registrasi dan kebutuhan lainnya. Sehingga diharapkan adanya gaji ke-13 ini yang kabarnya lebih tinggi dari tahun 2021 akan meringankan aparatur Negara dalam memenuhi kebutuhan pendidikan maupun rumah tangga nya. Hal tersebut juga berlaku bagi pensiunan yang tentu saja sudah merencanakan anggaran dan pengeluarannya dari gaji ke-13 ini.

Penutup

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum tentang info gaji 13 pensiunan 2022 lengkap dari skema perhitungan, jadwal pencairan, hingga fakta terupdate yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang menantikan gaji 13 pensiunan dan PNS ini. Kami ucapkan terima kasih karena telah membaca hingga selesai dan bagikan yuk artikel ini agar bermanfaat juga bagi orang lain. Sekian dan nantikan update postingan kami selanjutnya!