Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Besaran Gaji Tukang Parkir Motor Resmi dan Non Resmi, Cek Disini!

 
GajinTukang Parkir Motor
Gaji tukang parkir motor
Gaji Tukang Parkir Motor. Semakin hari mendapat pekerjaan merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang apalagi yang tidak memiliki pengalaman kerja atau pendidikan yang memadai sehingga harus mencari pekerjaan yang apa adanya. Salah satu pekerjaan yang mungkin banyak diremehkan oleh masyarakat yaitu menjadi tukang parkir motor atau kendaraan lainnya. Memang, pekerjaan menjadi juru parkir tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan maupun pengalaman.

Sehingga, siapa saja bisa menjadi juru parkir atau tukang parkir yang membantu setiap orang untuk merapikan, mengatur, dan menjaga kendaraan yang sedang diparkir oleh pemiliknya. Peluang menjadi tukang parkir cukup besar khususnya di Indonesia karena tingkat kriminalitas curanmor bisa terbilang cukup tinggi sehingga di sinilah fungsinya tukang parkir untuk menjaga kendaraan pemiliknya dengan bayaran berkisar antara 2-3 ribu per motor.

Namun, pernahkah kamu berpikir totalan atau besaran gaji tukang parkir motor per hari hingga per bulannya? Fakta menariknya, gaji para juru parkir motor bisa mencapai UMK wilayah setempat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini admin akan memberikan rangkuman tentang gaji tukang parkir motor resmi dan non resmi serta berbagai informasi lainnya tentang profesi yang satu ini. 

Gaji Tukang Parkir Motor Resmi dan Non Resmi, Berikut Penjelasannya

Banyak orang berpikir bahwa menjadi tukang parkir merupakan pekerjaan yang cukup berat dengan gaji yang kecil dan tidak mencukupi. Padahal, jika seorang tukang parkir beruntung menjaga lahan atau tempat parkir dengan kunjungan orang-orang yang tinggi setiap harinya maka pendapatannya tidak akan kurang dari 50 hingga 100 ribu bahkan bisa lebih. Jika dihitung pendapatan atau gaji tukang parkir motor sekitar 2,5 hingga 3 jutaan.

Gaji tersebut hampir sama dengan gaji karyawan kantoran yang bekerja sebagai admin maupun customer service bahkan ada juga karyawan bank dengan posisi tertentu memiliki gaji yang hampir sama dengan tukang parkir motor. Namun, secara jobdesk tentu saja sudah berbeda karena pekerjaan tukang parkir selalu outdoor yang memungkinkan mereka terkena panas atau hujan setiap harinya.

Membahas tentang gaji tukang parkir motor ini, ternyata terdapat dua kategori yaitu tukang parkir motor resmi dan tukang parkir motor non resmi. Keduanya memang memiliki job desk yang sama namun tukang parkir motor non resmi atau liar biasanya bekerja sama dengan lahan tempat tersebut sehingga tidak terdaftar atau dinaungi oleh badan pemerintah secara resmi. 

Berbeda dengan tukang parkir motor resmi yang dinaungi oleh pemerintah provinsi setempat atau dinas perhubungan. Biasanya tukang parkir resmi ini memiliki jas khusus tukang parkir dan tidak akan mematok harga lebih dari ketentuan undang-undang maupun peraturan daerah. Berbeda dengan tukang parkir motor non resmi yang mungkin bisa menarik bayaran untuk sekali parkir lebih dari ketentuan daerah atau wilayah tersebut.

Besaran Gaji Tukang Parkir Motor Resmi dan Non Resmi, Berikut Nominalnya

Berapa gaji tukang parkir motor perbulan

Berapa gaji tukang parkir motor perbulan? Besaran gaji juru parkir motor resmi dan resmi memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun sebenarnya kasih keduanya tidak bisa ditentukan secara gamblang. Hal tersebut dikarenakan setiap wilayah memiliki perbedaan dari peraturan hingga kesepakatan nominal gaji tukang parkir motor. Selain itu, besaran pendapatan tukang parkir juga ditentukan dari banyaknya kendaraan motor yang parkir dan datang ke tempat tersebut.

Semakin ramai kunjungan pada tempat tersebut maka semakin ramai pendapatan dari juru parkir motor, hal tersebut juga ditentukan dengan kategori tempat parkir. Jika tempat parkirnya adalah tempat wisata, supermarket, pasar, dan tempat umum lainnya maka peluang untuk mendapatkan pemasukan mencapai target akan terpenuhi. Berbeda dengan tempat parkir yang kunjungannya tidak stabil pendapatan yang didapatkan tidak menentu.

Gaji juru parkir motor resmi di kota besar seperti Jakarta bisa mencapai 2 hingga 4 juta rupiah. Namun, tukang parkir motor resmi dinaungi oleh Pemprov atau dishub yang mana harus melakukan penyetoran tetap 60 ribu per harinya dan jika tidak terpenuhi maka tukang parkir harus nombok. Nominal tersebut tentu berbeda di setiap kota maupun wilayah, di Samarinda setoran tukang parkir motor resmi sebesar 35 ribu per harinya.

Sedangkan, untuk gaji tukang parkir motor non resmi ditentukan dari pendapatan yang tidak stabil serta bagi hasil dengan pemilik lahan sesuai kesepakatan. Seringkali tukang parkir motor non resmi atau liar bisa mendapatkan pendapatan hingga ratusan ribu per harinya dan perbulannya bisa mencapai 5 jutaan tergantung lokasi dan tingkat pengunjung. Hal tersebut dikarenakan tukang parkir liar tidak menyetor uang kepada Pemprov atau Dishub setempat.

Tugas dan Syarat Jadi Tukang Parkir Resmi dan Non Resmi


Apakah kamu mulai tertarik untuk menjadi tukang parkir motor dengan penghasilan setinggi itu? Jika iya, kami akan memberikan tentang tugas atau job desk dari juru parkir motor resmi maupun non resmi yang ada di Indonesia.

Kami juga akan memberikan rangkuman terkait resiko yang akan dihadapi oleh tukang parkir motor terkait pekerjaan dan tanggung jawabnya tersebut. Jika kamu sudah yakin, maka kami juga telah merangkum syarat jadi tukang parkir:
  • Tukang parkir melakukan pelayanan kepada semua pengunjung pada lokasi tertentu yang ingin memarkirkan motornya atau kendaraannya, termasuk saat datang maupun saat akan pergi
  • Kemudian tukang parkir wajib memberikan karcis tanda penitipan motor nominal biaya yang bisa dibayarkan langsung ataupun saat akan mengambil motor nantinya
  • Menerima pembayaran retribusi parkir sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan kemudian memberikan kembalian jika uang yang diberikan lebih besar
  • Memastikan keamanan, ketertiban, dan kerapian motor yang sedang diparkir agar tidak mengganggu pejalan kaki atau pengendara lainnya
  • Biasanya ada tukang parkir juga yang memberikan pelayanan untuk menutup jok motor dari cuaca serta mengamankan helm pengunjung
  • Saat pengunjung akan mengambil motornya maka tukang parkir motor bertugas untuk membantu dan mengarahkan laju kendaraan dan mengatur lalu lintas agar aman dan lancar
  • Tukang parkir juga membantu pengendara motor untuk menyeberang di saat lalu lintas jalan sedang ramai
  • Meskipun tugas tukang parkir motor  bilang mudah bagi sebagian orang namun jika tidak memiliki pengalaman maka akan mengalami kesulitan. Apalagi resiko menjaga motor milik pengunjung agar tidak dicuri atau mengalami tindak kejahatan lainnya menjadi sebagian tanggung jawab tukang parkir. Terutama mengingatkan pengunjung jika kontak motor masih menempel sehingga tukang parkir harus menjaga dan mengamankan.
  • Jika kamu sudah siap dengan resiko yang ada, kamu bisa simak beberapa syarat berikut untuk menjadi tukang parkir resmi dan non resmi sebagai berikut:
  • Menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP atau kartu keluarga agar memastikan bahwa tukang parkir merupakan orang yang bisa dipercaya untuk mengemban tanggung jawab pada lokasi parkir tersebut
  • Niat bekerja dan memiliki tekad yang kuat untuk berkembang dan belajar karena menjadi tukang parkir motor juga membutuhkan pengalaman serta keahlian
  • Memiliki sikap yang baik kepada orang lain dan tidak akan berkata kasar atau melanggar hukum saat sedang bekerja
Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum pada kesempatan kali ini dan terima kasih telah menyimak hingga selesai tentang topik besaran gaji tukang parkir motor resmi dan non resmi yang ternyata memiliki nominal yang cukup besar. Terlepas dari itu semua, kita wajib menghargai pekerjaan orang lain karena tanpa ada juru parkir maka setiap pengunjung mungkin akan mengalami kesulitan untuk parkir maupun keamanan.