Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Kurir Lazada Perbulan, Ini Dia Rincian dan Perhitungannya!

Gaji kurir Lazada Perbulan
Gaji kurir lazada perbulan

Gaji Kurir Lazada Perbulan. Lazada merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang terkenal di Indonesia dan memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Melihat perkembangan pengguna yang terus meningkat membuat Lazada terus meningkatkan layanan termasuk dalam hal pengiriman barang. 

Langkah pasti Lazada dalam meningkatkan layanan yaitu dengan melengkapi jasa ekspedisi pengiriman barang ke alamat pembeli dengan merintis kurir khusus Lazada bernama LEX Express. Perlu kamu tahu, LEX Express merupakan layanan ekspedisi resmi milik Lazada yang berperan dalam pengiriman paket ke alamat konsumen di seluruh wilayah Indonesia. 

Dalam setiap jasa ekspedisi, tentunya tidak terlepas dari adanya peran kurir yang bertugas mengantarkan paket langsung ke alamat pengguna. Banyak orang mengatakan bahwa menjadi kurir Lazada memiliki besaran penghasilan yang cukup menjanjikan. 

Tidak heran, banyak orang yang merasa penasaran dan bertanya terkait gaji kurir Lazada perbulan serta tunjangan dan perhitungan gajinya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi secara lengkap terkait besaran penghasilan kurir Lazada perbulannya baik untuk driver motor maupun mobil.

Bagi kamu yang mungkin berminat untuk menjadi seorang kurir Lazada, hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi kamu dalam menentukan penghasilan yang akan kamu dapatkan dalam sebulan, jadi pastikan kamu simak pembahasan lengkapnya sampai selesai ya.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kurir Lazada yang Wajib Kamu Tahu! 

Sebelum membahas mengenai besaran gaji kurir Lazada perbulan, tentunya kamu harus mengetahui apa saja tugas pokok kurir Lazada. Berikut ini adalah rincian jobdesk sekaligus tanggung jawab seorang kurir di ekspedisi Lazada yang wajib kamu tahu sebelum mendaftarkan diri. 

  • Mengirimkan paket sesuai dengan alamat penerima dan memastikan paket diterima dengan baik oleh pelanggan. 
  • Mengantarkan paket sesuai jadwal yang sudah ditentukan dengan aman dan tepat waktu kepada pelanggan. 
  • Bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan dan keamanan paket hingga sampai ke tangan pelanggan. 
  • Memastikan bahwa paket sampai dengan aman, utuh, dan tidak kekurangan apapun hingga diterima oleh pelanggan.
  • Menyusun laporan pengiriman paket setelah selesai mengirimkan paket ke penerima. 
  • Menjaga komitmen serta mematuhi segala peraturan atau SOP yang telah berlaku di Lazada.

Perlu kamu tahu, tugas dan tanggung jawab yang telah kami sebutkan di atas berlaku untuk semua jenis kurir baik mitra driver motor, maupun mobil. 

Jam Kerja Kurir Lazada Dalam Seminggu 

Selain tugas dan tanggung jawab serta gaji kurir Lazada perbulan, jam kerja juga menjadi satu dari sekian banyak hal yang dijadikan pertimbangan saat ingin melamar pekerjaan. Adapun jam kerja bagi para kurir Lazada yaitu selama 6 hari, mulai dari Senin sampai dengan Sabtu. 

Untuk hari Minggu dan hari libur nasional kurir Lazada tidak bekerja alias libur. Jam kerja kurir Lazada dalam sehari yaitu sekitar 8 jam, mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00, di mana jam operasional kurir tentunya berbeda dengan jam operasional kantor Lazada yaitu Senin-Sabtu, pukul 09.00 sampai 16.00. 

Sistem Kerja yang Dilakukan Seorang Kurir Lazada 

Selain tugas dan tanggung jawab serta jam kerja yang sama, sistem kerja yang dilakukan oleh seorang kurir Lazada atau LEX ID juga tidak jauh berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya. 

Berikut ini adalah sistem kerja harian dan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh kurir Lazada. 

  • Masuk kerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan wajib melakukan presensi kehadiran sebelum menjalankan tugas. Mengambil dokumen laporan pengiriman yang berisi detail paket dan penerima yang akan diantarkan. 
  • Mengantarkan paket sesuai dengan alamat penerima dan menjalankan tugas serta tanggung jawab dengan baik tanpa adanya komplain. 
  • Setelah selesai mengantarkan paket ke seluruh penerima, kurir harus membuat laporan pengiriman dan menyerahkan ke petugas.

Sistem Gaji Kurir Lazada Perbulan Serta Tunjangan yang Didapatkan

Sistem Gaji kurir lazada

Perlu kamu tahu, kurir Lazada terbagi menjadi dua jenis yaitu kurir rider motor dan rider mobil yang memiliki perbedaan dalam besaran gajinya. Berbeda dengan gaji kurir ID Express, JNE atau jasa ekspedisi lainnya, gaji pokok yang didapatkan kurir Lazada tidak ditentukan perbulannya, melainkan dihitung harian dengan beberapa ketentuan. 

Gaji kurir Lazada perbulan juga tidak berdasarkan besarnya UMR atau UMK daerah meskipun dalam prakteknya besaran gajinya bisa sangat bervariasi di beberapa daerah. Pendapatan harian yang didapatkan oleh kurir Lazada merupakan gaji pokok yang sudah mencakup uang operasional seperti bensin, uang makan, uang kehadiran, serta pulsa/paket data.

Dengan kata lain, gaji yang didapatkan oleh seorang kurir Lazada merupakan gaji kotor yang harus dipotong dengan biaya operasional selama menjalankan tugas mengantarkan paket kepada pelanggan.

Rincian Gaji Kurir Lazada Perbulan Driver Motor dan Mobil yang Wajib Kamu Tahu 

Penghasilan seorang kurir di Lazada tidak terbatas pada gaji pokok harian saja, dimana seorang kurir baik motor maupun mobil mendapatkan beberapa gaji dan tunjangan dengan kategori berikut: 

  • Gaji pokok harian Rp.125.000-Rp.175.000 (kurir motor) dan Rp.367.000 (kurir mobil) dengan pengiriman sebanyak 25 paket per hari, di mana gaji sudah termasuk uang bensin, uang makan, kehadiran dan pulsa.
  • Asuransi kecelakaan maupun kematian Rp.120.000 yang dipotong dari gaji tahunan (1 tahun sekali) + garansi 1 tahun. 
  • Bonus pengiriman paket jika melebihi target pengiriman paket Rp.2000 per paketnya. 
  • Bonus tahunan sesuai dengan kinerja kurir selama setahun. 

 Bagi kamu yang ingin mengetahui rincian gaji kurir Lazada per bulan baik driver motor maupun driver mobil, simak informasinya yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. Rincian Gaji Kurir Lazada Perbulan Untuk Driver Motor 

Estimasi penghasilan yang didapatkan oleh kurir motor Lazada Express dalam sehari bisa mencapai Rp.175.000 (bisa berbeda jika di wilayah lain). 

Estimasi tersebut didapatkan untuk pengiriman 25 paket (minimal), sehingga dengan estimasi tersebut, perhitungan total gaji kurir Lazada dalam satu bulan yaitu: Rp.175.000 × 25 hari kerja = Rp.4.375.000/bulan *Belum termasuk bonus pengiriman di atas 25 paket sebesar Rp.2000 per paket serta bonus tahunan sesuai dengan kinerjanya. 

2. Rincian Gaji Kurir Lazada Perbulan Untuk Driver Mobil

Sementara itu, untuk rincian pendapatan kurir Lazada Express untuk driver mobil per hari bisa mencapai Rp.367.000 (bisa berbeda di wilayah lain). 

Angka tersebut merupakan estimasi untuk pengiriman 25 paket minimal dalam sehari, sehingga total gaji pokok kurir Lazada dalam sebulan adalah Rp.367.000 × 25 hari kerja =Rp.9.175.000/bulan Sama dengan kurir motor, besaran gaji tersebut sudah termasuk uang operasional tetapi belum mencakup bonus tambahan jika melebihi target pengiriman, asuransi, dan juga bonus tahunan. 

Perhitungan di atas merupakan estimasi atau perkiraan dari gaji kurir Lazada, sehingga perhitungan di atas bisa saja berbeda tergantung dengan wilayah kerja dan juga faktor lainnya. 

 Nah, setelah menyimak pembahasan di atas, tentunya kamu sudah bisa mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan sebagai kurir Lazada Express. Sekian dulu informasi mengenai gaji kurir Lazada perbulan yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kami edisi selanjutnya.